Sunday, August 30, 2020

Karangan Narasi

 

NARASI 


Narasi merupakan Tulisan fiksi atau non fiksi yang berisi kisahan, rekaan, atau pengalaman. Bisa pengalaman yang dialami oleh Pencerita sendiri atau bisa juga kejadian yang diamati oleh Pencerita, atau bisa juga hasil rekaan/imajinasi Pengarang. Pengembangannya bisa dari waktu ke waktu, tempat ketempat, atau kejadian demi kejadian. Cerita dijalin dalam urutan waktu, peristiwa, dengan tokoh (baik manusia maupun benda yang ‘dimanusiakan’) yang menjadi sorotan kisah penulisnya. Disusun sedemikian rupa sehingga tampak seolah-olah pembaca mengalami sendiri peristiwa itu, minimal pembaca seolah-olah merasakan senang, sedih, dari tokoh 

 Struktur Teks Narasi : Orientasi – Komplikasi – Resolusi – Koda/Ending

1.      Orientasi pada teks narasi berisi pengenalan tokoh, setting, latar tempat, latar cerita, latar waktu, dan berbagai komponen awal pengenal cerita lainnya. Bagian paragraf-paragraf ini menjadi urutan pertama dalam cerita. Sebagai awal dari cerita, perlu disampaikan dengan cara yang sangat menarik. Tujuannya agar pembaca tertarik membaca isi keseluruhan bacaan.

2.      Komplikasi berisi problem atau pokok persoalan yang ada dalam cerita. Konflik mulai bermunculan dan jalan cerita akan dimulai pada bagian ini. Bagian ini bisa dimulai dengan pengenalan konflik. Selanjutnya diteruskan dengan konflik yang lebih kompleks.

3.      Resolusi berisi  jalan keluar atau pemecahan konflik yang diceritakan pada bagian komplikasi. Bagian ini menceritakan kejadian yang hampir berakhir.

4.      Koda berisi bagian dari akhir karangan atau cerita. Bagian akhir atau ending dapat berupa cerita sedih atau bahagia.

ciri-ciri Karangan Narasi : 
1. menceritakan proses kejadian suatu peristiwa. Sasarannya adalah memberikan gambaran    yang              sejelas-jelasnya kepada pembaca mengenai fase, langkah, urutan, atau rangkaian terjadinya sesuatu        hal. 
2. Ada tokoh pelaku 
3. Dirangkai dalam urutan waktu. 
4. Ada peristiwa 
5. Ada konfliks. 

Secara sederhana, penulis pemula atau baru belajar biasanya mematok kelengkapan 5W + 1H dalam tulisan mereka.

1.      What         : apa yang dapat dikisahkan dalam karangan narasi

2.      Where       : dimana seting/lokasi cerita karangan narasi

3.      When        : kapan peristiwa-peristiwa berjalan dalam karangan narasi tersebut

4.      Who           : siapa pelaku cerita dalam karangan narasi

5.      Why           : kenapa peristiwa-peristiwa pada karangan narasi itu berlangsung

 

1.      How           : bagaimana cerita dalam karangan narasi itu di uraikan.

 

5 comments:

fiyarin_ said...

assalamualaikum pak..
saya Ni'matul 'Afiyah dari 7B
saya menggunakan nama anonim
ini blog saya pak..

https://nininiyaaa.blogspot.com/

terimakasih pak^^

Rasyadina said...

Saya Rasyadina Azmi Husnayya, dan saya ingin mengirim tugas blog saya :

https://rasyadina.wordpress.com/2020/09/07/penilaian-terhadap-diri-saya-menurut-saya/

Terimakasih...

keisha anindya said...

Saya Keisha Anindya dari kelas 7B, ingin mengirim tugas blog saya:

https://keishaaditomo.blogspot.com/2020/10/cerita-narasi.html

Terima kasih pak, selamat malam

Rasyadina said...

Saya Rasyadina Azmi Husnayya dari kelas 7B, saya ingin mengirim tugas blog saya :

https://rasyadina.wordpress.com/2020/10/19/serigala-yang-sombong/

Terimakasih....

Allysha Ali said...

Saya Allysha Ali dari kelas 7B, ingin mengirim tugas blog saya :
https://labsky21allysha.blogspot.com/