Saturday, August 21, 2010

RAMADHAN

Bulan penuh berkah, bulan pengampunan, bulan seribu bulan, dan beragam bulan-bulan lain  sebutan untuk yang baik-baik tentunya) dijadikan sebutan untuk bulan ramadhan.wajar rasanya sebutan-sebutan itu disematkan kepada bulan Ramadhan melihat sejarah bulan tersebut. di bulan inilah Al-Qur,an; kitab yang berisi panduan-panduan hidup umat manusia diuaraikan.

Di bulan ini pula semua perbuatan baik diberi ganjaran yang berlipat. Konon katanya di bulan ramadhan setan-setan ;yang punya Job mengoda manusia agar ingkar pada kuasanya Allah, diikat.

Jadi bukan hal yang aneh pula kalau di bulan ini banyak diisi oleh orang-orang dengan perbuatan-perbuatan/kegiatan-kegian baik, atau seharusnya berdampak baik. Mulai dari pesantren kilat, renungan suci, ruwahan, hingga berbuka puasa.

Khusus bagian yang terakhir ini bahkan terbagi lagi dari berbagai kelompok. Mulai dari perkumpulan-perkumpulan, aneka alumni, eks-eks (entah eks apa saja), arisan, sekolahan, perusahaan, bagian-bagian, atau bahkan seksi-seksi. jadi bisa dibayangkan berapa perkumpulan yang melakukan buka puasa bersama di bulan ini.

dari hitungan itu berapa pula uang yang dikeluarkan, berapa banyak sampah yang dihasilkan, berapa banyak pula makanan yang tersisa (biasanya sih jarang habis makanannya karena keasyikan ngobrol atau kongkow), Nah, itu dari sisi materi, lalu bagaimana dari sisi spiritual?? ada pembekalan/ceramah? ada tadarus bersama kah? atau mendiskusikan ramadhan itu sendiri? atau mengkaji kehidupan kita sebagai makhluk milik sang empunya semua yang kita laksanakan maupun yang kita tak laksanakan itu?

Seringkali malah dengan alasan rumah jauh, tidak ada sholat isya apalagi taraweh bersama, dengan alasan yang sama pula ada yang datang terlambat menghadiri kultum (yang hanya tujuh menit itu) dan mengaji. jangan-jangan disaat berbuka bersama itu kita hanya tertawa-tawa, cerita-cerita lucu, dan menceritakan kekonyolan-kekonyolan kita satu tahun yang lalu, atau bahkan melakukan kemaksiatan???

nah.. mari kita tanya diri kita sendiri kita berada dikelompok yang mana. Jangan sia-siakan bulan yang begitu berharga ini dengan perbuatan-perbuatan yang kurang bermanfaat. jangan-jangan kita tidak bertemu lagi dengan bulan yang mulia ini ditahun depan.

No comments: