Sunday, August 20, 2023

REFLEKSI

Refleksi merupakan nama sebuah kegiatan yang dilakukan secara rutin di SMP Labschool Kebayoran. kegiatan ini merupakan kegiatan "wajib" tiap kelas dan dilaksanakan diakhir semester dua. tempat pelaksanaan biasanya dilakukan di salah satu rumah siswa dan tidak menginap. Dasar pemilihan rumah atau tempat adalah; muat untuk menampung seluruh anggota kelas, mudah dijangkau, dan bersedia menerima "direpotkan" oleh rombongan besar. 

lalu akan muncul pertanyaan? apa sih refleksi? kenapa tidak menginap? refleksi sama dengan perpisahan? udah banyakin game aja.. ayo seru-seruan aja di refleksi... ayo cari rumah yang besar.. ada kolam renang... bla bla.. bla..

Refleksi bukanlah sebuah perpisahan, sehingga tak perlu ada tangis yang berlebihan. Refleksi juga bukan sebuah celebration sehingga tak perlu juga dirayakan dengan kegembiraan berlebihan. refleksi adalah salah satu cara untuk mengenali diri kita lebih dalam. seberapa besar kita menghargai diri kita sendiri. seberapa besar kita menghargai orang-orang sekitar kita. orang tua kita, teman,  guru, pembantu, atau supir kita. 

refleksi adalah cermin perkembangan diri kita. refleksi adalah cermin seberapa baik kita setahun ini. refleksi adalah seberapa bermanfaat kita buat org2 sekitar kita. seberapa kuat kita menerima kekalahan atau seberapa bijak kita menerima kemenangan. seberapa hebat kita meberima dan nenghormati perbedaan dan keveragaman. jadi Refleksi berisi Cermin kita selama setahun terakhir.  

refleksi lebih menjadi bahan kita tuk instropeksi diri agar lebih siap mengarungi tahun depan yang lebih menantang dan memperoleh hasil yang lebih baik.


nah kalau gitu

No comments: